Posted on

Cerita Singkat dan Review dari Film Ngeri Ngeri Sedap!

Film komedi keluarga yang berjudul Ngeri-Ngeri Sedap merupakan sebuah film drama bergenre keluarga tahun 2022. Dimana film tersebut disutradarai dan ditulis oleh Bene Dion Rajagukguk. Film Ngeri-Ngeri Sedap tampil dengan ciri khas keluarga berlatar belakang suku Batak. Film komedi keluarga yang seru ini dibintangi oleh Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox dan Indra Jegel.

Selain itu, film yang diputar di bioskop Indonesia pada 2 Juni 2022 ini diriliskan oleh Ernest Prakasa dan Dipa Andika. Dimana setelah keduanya sukses mendirikan agensi Hahaha Corporation, keduanya mendirikan sebuah studio produksi bernama Imaginari, dimana film Ngeri-Ngeri Sedap ini dibuat.

Konsep Yang Telah Dibuat Sejak Tahun 2014

Rencana pembuatan film bermula pada tahun 2014, pada saat Bene Dion Rajagukguk bermain dalam film Comic 8: Casino Kings part 1 yang didireksikan oleh Anggy Umbara bersama dengan beberapa cast dari film Ngeri-Ngeri Sedap, yaitu Boris Bokir, Gita Bhebhita, dan Lolox. Setelah selesai membuat konsep dari film ini, sayangnya Bene tak kunjung mendapatkan ide untuk menyelesaikan naskah dari konsep cerita tersebut.

Lantaran, beliau baru melangsungkan proses praproduksi dari film ini, setelah menyutradarai film horror komedi berjudul Ghost Writer pada tahun 2019. Dengan melakukan riset dan perkembangan yang bertahap pada naskah cerita, cerita dari film Ngeri-Ngeri sedap menjadi unik dan seru. Meskipun jadwal proses syuting dari film tersebut, terus diundur hingga sebanyak tiga kali karena situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang melkalian di negara Indonesia.

Selain itu, masyarakat pertama kali mendengar kabar pembuatan film ini pada tahun 21 November 2021, yang diumumkan oleh Bene Dion Rajagukguk. Bene juga sekaligus mengumumkan beberapa tokoh utama yang akan terlibat, yakni merupakan aktor berlatar belakang Batak, seperti Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, dan Gita Bhebhita Butar-butar. Tak hanya itu, terdapat juga pemeran tokoh-tokoh asal Sumatera Utara, yaitu Indra Jegel dan Lolox. Lainnya, terdapat juga beberapa orang berlatar belakang suku Batak juga turut berpartisipasi sebagai kru, contohnya seperti Padri Nadeak sebagai cinematografer, dan Ezra Tampubolon sebagai pengarah artistik dari film Ngeri-Ngeri Sedap.

Sinopsis Dari Ngeri-Ngeri Sedap

Film Ngeri-Ngeri Sedap menceritakan kisah pasangan suami istri, Pak Domu dan Mak Domu. Kedua pasutri ini memiliki empat orang anak, yaitu Sarma E., Purba Domu, Gabe, dan Sahat Purba. Setelah mereka beranjak dewasa, anak-anak dari Pak Domu dan Mak Domu berpencar dan tinggal di berbagai tempat, yang tersisa hanyalah Sarma yang masih tinggal bersama orangtuanya. Sementara ketiga saudara lainnya tinggal di kota-kota luar dan menjalani kehidupannya sendiri.

Dengan berpadunya rasa rindu dan sudah menjelang tanggal pesta syukuran khas Batak, Pak Domu dan Mak Domu ingin anak-anaknya pulang. Setelah menghubungi anaknya masing-masing, akan tetapi mereka semua memiliki kesibukan sendiri-sendiri, sehingga tidak dapat kembali pulang kampung untuk menemui orang tuanya. Pada akhirnya, Pak Domu dan Mak Domu memutuskan untuk menggunakan ide dimana Pak Domu berpura-pura ingin menikah lagi dengan seorang wanita Sunda. Namun, dilarang oleh Mak Domu karena menganggap orang lain tidak bisa mengerti adat Batak.

Perdebatan Dan Perceraian Dimulai

Akhirnya mendengar perdebatan hebat dari kedua orang tuanya, Pak Domu dan Mak Domu memutuskan untuk berpura-pura bercerai. Gabe adalah seorang komedian walaupun pernah dikuliahkan oleh Pak Dom dalam departemen hukum. Setelah lulus kuliah, Sahat tinggal di Yogyakarta bersama seseorang bernama Pak Pomo dan tidak mau pulang. Namun, karena perdebatan hebat itu, mereka semua terpaksa harus segera pulang, dan tinggal sementara waktu. Setelah pembicaraan makan malam yang tak kunjung membawa kedamaian, anak-anak pergi ke Bukit Holbung bersama-sama orang tua mereka.

Pada saat ditanya Pak Domu berkata bahwa ia kerap ingin mengurus keluarganya dan meminta para anak-anaknya untuk membelanya. Sementara Mak Domu berkata bahwa suaminya itu sudah bosan dengannya. Ibu Pak Domu memberi tahu kepada cucu-cucunya bahwa dia sudah tahu segalanya dan mendesaknya untuk tinggal sampai acara syukuran selesai.

Sehari setelah acara tersebut selesai, Mak Domu harus istirahat sebab demam; Pak Domu memarahi Domu, Gabe, dan Sahat karena tidak ingin mengikuti kemauannya. Anak-anak sepakat bahwa apabila mereka masih tetap tidak berdamai, maka mereka akan pulang ke tempatnya masing-masing. Pak Domu lalu mengutarakan sebuah argumen yang membuat semuanya, termasuk Mak Domu, marah atas ideologi patrilineal-nya.

Rahasia Perceraianpun Terbongkar

Mak Domu pun membocorkan rahasia bahwa skenario perceraian itu palsu, dan bahwa Sarma telah mengetahui ini. Sarma mengatakan ia merasa tertekan harus selalu mengikuti perintah orang tua. Mak Domu mengatakan ia benar-benar ingin cerai. Ia pun pergi ke rumah ibunya, sementara anak-anak pulang, kecuali Sahat karena perintah neneknya.

Park Domu mengaku kepada ibunya bahwa dia hanya mengikuti jalan ayahnya. Ibunya mengatakan bahwa setiap keluarga berbeda, dan setiap keluarga harus dibimbing dengan berbeda. Setelah itu, Pak Domu bertemu dengan anak-anaknya dan belajar beberapa hal. Calon istri Domu sebenarnya bisa belajar adat istiadat Batak, rekan-rekan dari Gabe ternyata begitu perhatian, dan Pak Domu mengatakan Sahat adalah pria yang baik dan sangat dihormati di desa.

Dengan mengetahui hal itu semua, Pak Domu akhirnya membawa pulang semua pengalaman berkesan, dan gaya pemikiran baru untuk menciptakan keluarga lebih harmonis. Kemudian, Pak Domu teringat dengan keinginan dari istrinya, Mak Domu. Setelah berdamai, Pak Domu sekeluarga akhirnya mengadakan makan malam bersama yang harmonis, dan akhirnya terwujudlah impian keluarga bersama. 

Review Dari Kisah Keluarga Pak Domu

Film Ngeri-Ngeri Sedap ini merupakan film komedi yang menurut kami benar-benar menghibur dan mengharukan di saat yang bersamaan. Mengisahkan sebuah keluarga untuk menjadi lebih baik lagi dan turut menciptakan keharmonisan yang kondusif.

Tentunya film ini cocok untuk kalangan semua umur, dikarenakan sangat seru dan cocok sebagai hiburan untuk keluarga. Inti dari permasalahan juga tidak begitu berat, sehingga anak-anak juga dapat lebih mudah mengerti dengan alur cerita dari film Ngeri-Ngeri Sedap. Serta dapat menunjukkan bahwa walaupun terdapat manis dan pahitnya dalam berkeluarga. Selama kita tulus menyayangi keluarga kita, ujung2nya pasti akan berujung menjadi satu.

Sebenarnya dengan apa yang tertulis di atas sudah tersirat makna yang dapat dikutip bagi seluruh anggota keluarga manapun. Terutama bagi kalian yang sudah berkeluarga, ada baiknya kalian mendengarkan keluh kesah istri dan anak-anak. Berkomunikasilah dengan benar tanpa memkalianng ego dan martabat. Karena terkadang kedua faktor ini sering kali menciptakan perpecahan antar keluarga.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kalian dapat mengontrol emosi serta pkalianngan persepsi kalian pada saat menghadapi permasalahan dalam keluarga. Utamakan untuk melakukan rapat keluarga atau diskusi yang berfokus pada penyelesaian inti masalah. Bukan hanya sekedar bercekcok dengan anggota keluarga lain yang hanya membuang-buang waktu saja. Tontonlah film Ngeri-Ngeri Sedap agar kalian dapat melihat contoh keluarga yang mengatasi masalah dengan baik.